Jl Baratajaya 3/16, RT 06 RW 04, Surabaya, Jawa Timur
Sen - Jum : 08:00 am to 04:30 pm

Mengenal Tekonologi VAR

Home - Technology - Mengenal Tekonologi VAR

Categories

Latest Posts

Teknologi VAR (video assistant referee) sesuai dengan namanya, teknologi ini bertujuan untuk membantu wasit mengawasi jalannya pertandingan melalui rekaman video. Teknologi ini mampu menganalisis sebuah pelanggaran di lapangan dari video-video yang ada di lapangan selama pertandingan berlangsung. Teknologi ini digunakan untuk empat kejadian, saat terjadi gol, keputusan penalti, keputusan mengeluarkan kartu merah, dan ketika wasit hendak menjatuhkan sanksi kepada pemain tertentu. Kamera juga tidak hanya digunakan untuk merekam peristiwa kejadian saja, ada pula kamera 3D untuk mengawasi garis offside secara virtual.

Tim VAR terdiri dari asisten wasit video (VAR) dan tiga asistennya (AVAR1, AVAR2, dan AVAR3). Semua asisten wasit video anggota resmi FIFA. Komite Wasit FIFA telah memilih 13 Wasit, yang akan bertindak sebagai asisten asisten video selama Piala Dunia FIFA 2018 Rusia yang sebelumnya telah diseleksi dari pengalamannya.

VAR akan melihat kamera utama pada monitor atas dan memeriksa atau meninjau insiden pada monitor yang dibagi empat. Dia bertanggung jawab untuk memimpin tim VAR dan berkomunikasi dengan wasit. AVAR1 berkonsentrasi pada kamera utama dan membuat VAR diinformasikan tentang permainan langsung jika insiden sedang diperiksa atau ditinjau. AVAR3 memfokuskan pada umpan program TV, membantu VAR dalam mengevaluasi insiden dan memastikan komunikasi yang baik antara VAR dan AVAR2 yang terletak di stasiun offside. AVAR2 adalah asisten wasit yang terletak di stasiun offside. Dia mengantisipasi dan memeriksa setiap potensi situasi offside untuk mempercepat proses pemeriksaan dan peninjauan VAR. Tim VAR ini nantinya akan membantu wasit mengambil keputusan seperti pelanggaran dilakukan pemain, offside, pelanggaran yang mengarah ke penalti, semua insiden kartu merah, bola yang sudah keluar dari lapangan tapi mengarah ke terjadinya gol, pelanggaran dilakukan di dalam atau di luar area penalti, bola keluar dari permainan yang mengarah ke penalti, termasuk, semua kasus kesalahan identitas

Share:

Leave A Comment