Jl Baratajaya 3/16, RT 06 RW 04, Surabaya, Jawa Timur
Sen - Jum : 08:00 am to 04:30 pm

Dibalik Terciptanya GPS

Home - Career - Dibalik Terciptanya GPS

Categories

Latest Posts

GPS (Global Positioning System) adalah sebuah sistem navigasi yang menggunakan satelit yang saling berhubungan dan berada di orbitnya. Satelit-satelit itu milik Departemen Pertahanan (Departemen of Defense) Amerika Serikat yang pertama kali diperkenalkan mulai tahun 1978 dan pada tahun 1994 dan sudah memakai 24 satelit. Sistem ini mengirimkan sinyal gelombang mikro ke Bumi. Sinyal ini diterima oleh alat penerima di permukaan, dan digunakan untuk menentukan letak, kecepatan, arah, dan waktu.

Sistem ini dikembangkan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat, dengan nama lengkapnya adalah NAVSTAR GPS (kesalahan umum adalah bahwa NAVSTAR adalah sebuah singkatan, ini adalah salah, NAVSTAR adalah nama yang diberikan oleh John Walsh, seorang penentu kebijakan penting dalam program GPS). Kumpulan satelit ini diurus oleh 50th Space Wing Angkatan Udara Amerika Serikat. Biaya perawatan sistem ini sekitar US$750 juta per tahun, termasuk penggantian satelit lama, serta riset dan pengembangan.

GPS Tracker atau sering disebut dengan GPS Tracking adalah teknologi AVL (Automated Vehicle Locater) yang memungkinkan pengguna untuk melacak posisi kendaraan, armada ataupun mobil dalam keadaan Real-Time. GPS Tracking memanfaatkan kombinasi teknologi GSM dan GPS untuk menentukan koordinat sebuah objek, lalu menerjemahkannya dalam bentuk peta digital.

Namun, tahukah kamu siapa penemu teknologi GPS? Sayangnya banyak yang tidak tahu bahwa GPS di temukan oleh seorang perempuan yang berasal dari kebangsaan Amerika Serikat dan dikenal sebagai tokoh rahasia militer Amerika Serikat. Ia bernama Gladys West.

Gladys Mae West adalah seorang ahli matematika Amerika yang dikenal karena kontribusinya pada pemodelan matematika bentuk Bumi, dan merupakan salah satu tim ahli matematika yang bekerja pada pengembangan model geodesi satelit yang akhirnya dimasukkan ke dalam Sistem Penentuan Posisi Global.  Beliau dilantik ke dalam Hall of Fame Angkatan Udara Amerika Serikat pada tahun 2018. Ia menikah dengan Ira West pada tahun 1957. Keduanya memiliki tiga anak dan sekarang tujuh cucu.

Beliau lahir di Dinwiddie County, Virginia,  lahir dari keluarga petani di komunitas petani penggarap. [1] Selama tahun 1930 hingga 1940 berkembang sebagai seorang wanita muda di Dinwiddie County selatan Beliau memiliki pikiran bahwa dia akan menjadi sesuatu, dan tidak ingin bekerja di ladang, memetik tembakau, jagung, dan kapas, atau bahkan bekerja di pabrik seperti orang tuanya dan generasi sebelum dia.

Gladys mendapati bahwa dua siswa terbaik di kelasnya akan diberi hadiah beasiswa perjalanan penuh ke Virginia State College, dan dengan pengetahuan itu ia melakukan hal itu, mendapatkan gelar sebagai pembaca pidato perpisahan. Setelah mendapatkan beasiswa untuk meraih tempat pertama di kelas sekolah menengahnya, ia belajar matematika di Virginia State College. Setelah lulus, ia mengajar selama sekitar dua tahun di Sussex County sebelum kembali ke sekolah untuk meraih gelar magister.

Pada tahun 1956 beliau mulai bekerja di Divisi Dahlgren Naval Surface Warfare Center, di mana ia adalah wanita kulit hitam kedua yang pernah dipekerjakan. Selanjutnya, beliau mulai menganalisis data dari satelit, menyusun model altimeter bentuk Bumi. Atasannya Ralph Neiman merekomendasikannya sebagai manajer proyek untuk proyek altimetri radar Seasat, satelit pertama yang bisa merasakan lautan dari jauh. Pada 1979. Beliau adalah seorang programmer di Divisi Dahlgren untuk komputer skala besar dan manajer proyek untuk sistem pemrosesan data yang digunakan dalam analisis data satelit.

Pada tahun 1986, beliau menerbitkan “Spesifikasi Sistem Pemrosesan Data untuk Altimeter Radar Satelit Geosat”, sebuah laporan teknis setebal 51 halaman dari Naval Surface Weapons Center (NSWC). Panduan ini diterbitkan untuk menjelaskan cara meningkatkan akurasi estimasi “ketinggian geoid dan lendutan vertikal”, topik geodesi satelit. Ini dicapai dengan memproses data yang dibuat dari altimeter radio pada satelit Geosat yang masuk ke orbit pada 12 Maret 1984. Beliau dipilih oleh BBC sebagai bagian dari 100 Women Tahun 2018. Dia dilantik ke dalam Hall of Fame Angkatan Udara Amerika Serikat pada tahun 2018, salah satu penghargaan tertinggi Komando Antariksa Angkatan Udara. Dia adalah salah satu wanita yang melakukan komputasi matematis untuk Angkatan Bersenjata Amerika Serikat sebelum sistem elektronik.

Share:

Leave A Comment